Install Ms.Office 2003 / 2007 di Ubuntu


Mungkin buat para master-master Linux khususnya Ubuntu hal ini cuma sebagai Thread atau Postingan kuno, tapi alangkah indahnya jika bisa berbagi buat para user newbie seperti saya sendiri πŸ™‚ . Saat kita hijrah dari jendala ke ubuntu mungkin agak kaku dengan tampilan dan aplikasinya yang ada, apa lagi officenya yang sangat jauh berbeda dengan office di windows. tapi dengan mengunakan aplikasi bantuan seperti Wine. Wine adalah Emulator untuk menjalankan aplikasi windows di ubuntu.

Jika anda ingin menggunakan Wine, anda dapat menginstallnya dengan cara mengetikkan perintah di terminal :

sudo add-apt-repository ppa:ubuntu-wine/ppa
sudo apt-get update
sudo apt-get install wine1.3

Bila sudah selesai install Wine, baru kita mulai menginstall Ms.Office 2003/2007 maybe juga 2010 hehe..
caranya :

1.Silakan konfigurasi aplikasi wine anda seperti gambar di bawah ini, pilih salah satu anda mau menjalankan di versi mana.

2.Masukkan CD MS.OFFICE 2007 atau 2003 terserah anda, jika tidak ada CD MASTERNYA anda juga bisa menggunakan cara alternatif yaitu menggunakan USB yang telah anda copy Setupnya di USB tersebut.

3.Jika sudah selesai installasinya, silakan anda mencoba sendiri aplikasinya Klik Main Menu -> Wine -> Programs -> Microsoft Office -> “Pilih salah satu office yang ingin anda coba”. contoh yang saya coba adalah Ms.Word 2007 seperti di bawah ini.

Note: Ada beberapa fitur yang mungkin tidak bisa berfungsi, anda harus maklumi karena platform system operasinya juga sudah berbeda πŸ™‚

selamat mencoba dan semoga tutorial ini bermanfaat buat anda

2 thoughts on “Install Ms.Office 2003 / 2007 di Ubuntu

Tinggalkan komentar