Struktur di Linux Directory


Salah satu hal yang membingungkan bagi pengguna Linux pemula ada struktur direktori di linux. Berikut ini adalah sedikit penjelasan singkat tentang direktori di Linux.

/ (Back slash)

Direktori root. Satu-satunya direktori utama di Linux. Semua berawal dari sini. Ketika anda mengetikkan ‘/home’ berarti anda mulai dari direktori root dan ke direktori home

/root

Direktori ini adalah direktori milik user root. User root adalah penguasa system operasi linux anda. Root dapat melakukan apa saja, termasuk menghapus seluruh file system. Hati-hatilah menggunakan root.

/bin

Direktori ini adalah direktori dimana program standar linux berada. seperti perintah ‘ls’ dan ‘vi’ dan ‘more’. Umumnya direktori ini ini sudah di ikutkan dalam path linux anda. Ketika kita mengetik perintah ‘ls’, direktori inilah yang akan pertama kali dituju oleh system linux untuk mencari perintah ‘ls’.

/etc

Semua konfigurasi admini dan system berada disini. sebagai contoh, jika anda sudah menginstall samba, dan anda ingin mengubah konfigurasi samba, maka anda dapat mengubahnya di direktori /etc/samba

/dev

direktori inilah yang mengontrol semua peripherals komputer anda.

/home

Di dalam direktori inilah data anda di tampung. file konfigurasi untuk user tertentu juga berada di direktori ini. masing-masing user mempunyai folder di /home/nama_user, kecuali user root.

/tmp

Direktori temporary. file sementara yang di perlukan oleh suatu program akan tersimpan di dalam direktori ini. Kebanyakan System Linux di set otomatis untuk menghapus isi dari direktori /tmp. Jadi, jangan menyimpan file penting anda disini.

/usr

Di direktori inilah anda dapat mencari program ekstra yang tidak ada di /bin atau /etc. Seperti game, dan program printer. Direktori /usr di bagi menjadi beberapa bagian seperti, /usr/bin untuk program,

/usr/share

Untuk data bersama seperti file sound dan ikon, /usr/lib untuk librari yang tidak bisa langsung dijalankan tetapi di butuhkan oleh beberapa program.

/opt

Di direktori inilah beberapa pilihan opsional. Cobalah program firefox beta yang terakhir di rilis. Install ke dalam direktori /opt. Anda dapat menghapusnya langsung tanpa mempengaruhi setting yang lainnya. Program yang ada di dalam direktori ini biasanya berada di dalam satu folder termasuk semua data, librari dan lainnya.

/usr/local

Ketika anda menginstall program secara manual, biasanya program tersebut akan di install ke dalam direktori ini.

/media

Beberapa distro linux menggunakan direktori ini sebagai direktori mount untuk usb disk, cd atau dvd drive dan juga file system yang lain.

Demikian sedikit penjelasan tentang struktur direktori di Linux.

Fordward froem Immux

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s