Mengantisipasi Saat Lupa Password di Windows


Kalau Anda lupa akun password Windows, jangan langsung inul alias instal ulang. Buat orang yang tidak mengatur password administrator, ada sebuah trik yang bisa dipakai.

Untuk menjaga keamanan komputer, orang bisa memasang password pada akun Windows-nya. Bagaimana kalau password-nya terlupa? Coba klik ikon Kotak yang muncul setelah tombol

“Ctrl + Alt + Del”

ditekan dua kali di layar logon. Masukkan “administrator” tanpa password. tanda tanya di sebelah kanan kotak untuk mengisi password. Syukurlah kalau petunjuk yang muncul di layar bisa membantu Anda mendapatkan password.

Kalau tidak, ada trik lain nih. Jangan buru-buru instal ulang. Tapi, trik ini cuma berguna kalau Anda tidak memberikan password untuk akun administrator. Coba ingat-ingat, pada saat pertama kali Anda instal Windows, apa Anda kasih password untuk administrator?
Berikut akan menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan akun administrator untuk mendapatkan kembali password sebuah akun Windows. Oh iya, artikel ini tidak berarti menyarankan agar akun administrator tidak diberi password. Akun administrator tetap harus diberi password. Kalau enggak, komputer Anda bisa dikerjai orang dengan trik ini.

Tahapnya Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menekan kombinasi tombol

“Ctrl + Alt + Del”

sebanyak dua kali di layar login. Nah setelah menekan kombinasi tombol tersebut, akan muncul deh dua buah kotak teks yang meminta Anda memasukan username dan password.

Masukan kata “administrator” sebagai username dan jangan isi password lalu tekan “Enter”. Anda akan masuk ke Windows sebagai administrator. Setelah berhasil masuk ke Windows, Anda dapat mengganti password suatu akun

“Start > Run”. Ketik “cmd” dan tekan “Enter”

. Setelah berada di Command Prompt, ketikan

“Net user ”, lalu tekan “Enter”.

Kalau proses pergantian tersebut berhasil, muncul tulisan

“The command completed successfully.”

Langkah selanjutnya adalah restart komputer. Cobalah masuk ke dalam akun Anda dengan menggunakan password baru yang tadi telah Anda buat. Selain melalui command prompt, Anda juga bisa menghapus password suatu akun. Langkahnya seperti ini. Klik

“Start > Control Panel > UserAccounts”.

Pilih akun yang password-nya akan dihapus, lalu klik

“Remove the password” .

Nah bagaimana kalau cara ini tidak berhasil? Ada cara lain, yaitu dengan menggunakan Safe Mode. Bagaimana cara menggunakannnya?

Masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 secara berulang-ulang ketika komputer pertama kali Anda hidupkan. Masuk sebagai administrator. Setelah berhasil masuk ke Windows, klik

[Start] >[Control Panel] > [User Accounts]> [pilih akun yang akan Anda hapus passwordnya] > [Remove the password]

untuk menghapus password akun yang Anda lupa passwordnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s